Senin, 13 April 2015

Metode Ilmiah



Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis. Unsur utama metode ilmiah adalah pengulangan empat langkah berikut: Karakterisasi (pengamatan dan pengukuran), hipotesis (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran), prediksi (deduksi logis dari hipotesis) & eksperimen (pengujian atas semua hal di atas).

Kemudian karakteristik dari metode ilmiah adalah bersifat kritis, analistis, artinya metode menunjukkan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah danmenentukan metode untuk pemecahan masalah. Bersifat logis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah. Kesimpulan yang dibuat secara rasional berdasarkan bukti-bukti yang tersedia. Bersifat obyektif, artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan lain dalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula. Bersifat konseptual, artinya proses penelitian dijalankan dengan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Bersifat empiris, artinya metode yang dipakai didasarkan pada fakta di lapangan.

Langkah – Langkah Metode Ilmiah  antara lain; Menyusun rumusan masalah, menyusun kerangka teori, merumuskan teori, melakukan eksperimen, mengolah dan menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mempublikasikan hasil.

Contoh dari metode ilmiah
BAB IPENDAHULUAN berisi;

1.1 Latar Belakang Masalah  = Yaitu fenomena yang ada pada berita atau artikel serta diberikan alas an yang jelas mengenai pengambilan judul.
1.2  Rumusan Masalah = berisi pertanyaan, seperti contohnya – mengapa teknologidijadikan sebagai media penyimpanan informasi?
1.3  Tujuan Penulisan
1.4  Manfaat Penulisan
1.5 Metode Penelitian = Berisi metodenya, contoh : Di dalam pembuatan makalah ini, saya menggunakan bahan pustaka sebagai metode penelitiannya.

BAB II PENGENALAN TEKNOLOGI
2.1  Pengertian Teknologi = berisi teori berdasarkan judul yg dibahas
2.2  Manfaat Teknologi = Dijelaskan manfaat dari teknologi
2.3  Macam – macam Teknologi = Dijelaskan macam jenis teknologi

BAB III MANFAAT TEKNOLOGI SEBAGAI, MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI
3.1 Manfaat Teknologi
a.  Memenuhi Kebutuhan Hidup
b. Sebagai jalan komunikasi
3.2 Peran Teknologi
3.3 Penggunaan Teknologi

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan = Berisi inti dari pembahasan dalam penulisan dan jawaban atas rumusan masalah
4.2 Saran = Berisi perbaikan untuk menunjang perkembangan penulisan


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar