Jumat, 16 Oktober 2015

Tugas 1 Pengantar Telematika Semester PTA 2015/2016

1. Fungsi dan Peranan Telematika dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
Fungsi


  • Surat Elektronik (email). Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.
  • Perpustakaan Elektronik. Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
  • E-Commerce Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim.
  • E-Learning adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
Peranan


  • Mengoptimalkan proses pembangunan.
Telematika memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memudahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak, sehingga mudah untuk menyampaikan informasi dari satu daerah ke daerah lain.

  • Meningkatkan Pendapatan.
Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.

  • Pemersatu bangsa.
Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.
2. Yang membuat layanan telematika berkembang adalah sebagai berikut : 

  • Perkembangan yang sangat canggih. 
Pada abad 21 terasa sekali teknologi serba komputerisasi serta didukung oleh jaringan-jaringan komputer yang semakin maju seperti adanya internet karna adanya internet jaringan pun makin berkembang dimulai dengan G, 2G, 3G, dan 4G kian hari kian bagus sinyal internetnya sehingga user dapat mengakses informasi dari internet dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Serta adanya wifi yang bersekala besar dapat diakses di suatu wilayah atau hotspot dan digunakan banyak orang.

  • Meningkatnya permintaan pengguna dengan kebutuhan dibidang yang berbeda.
Dengan adanya telematika dahulunya handphone masih berfungsi hanya sebagai alat komunikasi 2 arah yang standar yaitu hanya dapat menelpon dan mengirim sms, namun saat ini handphone sudah bertransformasi menjadi smartphone yang memiliki beragam kegunaan terutama dengan berbagai aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh beberapa vendor ternama. Sehingga kemana pun user dapat membuka dan menjelajahi informasi tak terbatas. Ada pun barang-barang elektronik lain seperti televisi yang sudah berubah fungsi sebagai smarttv yang dapat terhubung ke internet dan bisa dijadikan alat komunikasi 2 arah dengan video call.
3. Aplikasi-aplikasi apa saja yang muncul dengan memanfaatkan layanan telematika dan apa peranan dari aplikasi tersebut ?

  • E-mail
Saya rasa sudah tidak asing lagi dengan aplikasi telematika yang satu ini karna siapapun pasti sudah memiliki e-mail (electronic mail) dengan memiliki e-mail kita dapat mengirim dan menerima surat secara online melalui jaringan internet dengan jangkauan yang luas kita dapat terhubung dan berkomunikasi hingga antar negara.

  • E-book
Buku elekronik buku ini secara digital bentuknya bukan secara fisik lagi karna sudah memerlukan komputer atau smartphone untuk membuka e-book, sehingga pengguna dapat mengefienkan space secara fisik. Dll.

  • E-ticketing
Electronic ticketing merupakan cara untuk mendokumentasikan proses penjualan yang tidak lagi berupa paper ticket. Data dokumen pelanggan sudah disave secara digital sehingga lebih optimal dalam perubahan data yang sifatnya dadakan dan memproses dengan cepat data pelanggan sehigga dirasa keefektifannya.

  • E-library
Perpusatakaan elektronik yang dapat diakses melalui internet biasanya berupa website yang berisikan buku-buku dengan berbagai bidang dan gudang pengetahuan layaknya perpustakaan pada umumnya, beberapa buku bisa di download. Buku-buku yang dapat didownload ini disebut e-book.
4. Bagaimana menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!
Untuk mengindari dampak negatif perkembangan telematika tentunya ada beberapa antisipasi bagi pengguna yaitu :

  • Pergunakanlah teknologi informasi sesuai kebutuhan
  • Jangan mempergunakan teknologi informasi sebagai ajang kejahatan
  • Hati-hati dalam perkataan di media sosial yang anda miliki
  • Blokir saja situs-situs website yang kiranya akan merugikan anda
  • Ingat waktu saat menggunakan teknologi informasi
  • Teliti dan waspada setiap berinteraksi dengan teknologi informasi terutama secara online karna virus atau gangguan lainnya dapat merusak PC anda.
Oleh karna itu telah ditetapkan suatu undang-undang yang khusus mengatur penggunaan telematika yaitu UU ITE. Tujuan terbentuknya UU ITE tercermin dari pasal 4 UU ITE, yaitu:

  • Mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi duniai.
  • Mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan efektivitas dan pelayanan publik.
  • Membuka kesempatan seluas-luasnya pada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan dibidan penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab; dan
  • Memberikan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi.